Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Penerapan Metode Problem Solving di Kelas VI Sekolah Dasar

Ningsih, Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan metode problem solving di kelas VI SD Negeri 015 Ketaping Jaya Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan strategi tindakan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI SD Negeri 015 Ketaping Jaya sebanyak 30 orang. Hasil penelitian perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 6,57, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 7,57, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III yaitu memperoleh nilai rata-rata 8,33. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan penerapan metode problem solving mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 015 Ketaping Jaya Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...