Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kebutuhan Media Digital Flipbook Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Velinda, Fadia (Unknown)
Kurnianti, Endang M (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Sebuah pembelajaran akan berjalan efektif jika seluruh perangkat pembelajaran mulai dari para siswa hingga guru, sudah mampu menguasai teknologi terutama perangkat yang digunakan saat pembelajaran saat itu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik bahan ajar menggunakan flipbook interaktif yang akan difokuskan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 84,3% siswa setuju menggunakan media digital flipbook interaktif saat pembelajaran di kelas. Guru setuju dan terbantu saat mengajar dalam penggunaan flipbook interaktif di dalam kelas. Penggunaan animasi, audio, dan tampilan visual yang beragam menjadi alasan siswa senang belajar menggunakan media digital flipbook dibandingkan dengan penggunaan media cetak buku sebagai bahan ajar utama sekaligus membantu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Hal ini terukur dalam pembelajaran yakni banyak siswa menyukai pembelajaran sambil melakukan permainan. Untuk itu penggunaan flipbook interaktif dibantu oleh audio dan visual dianggap layak dan menarik para siswa untuk belajar sambil bermain

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...