Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Tarl Berbantuan Media Quizizz Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong Di Kelas 4 Sekolah Dasar

Wibowo, Fajar Setya (Unknown)
Dharmawati, Awalia (Unknown)
Witanto, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Guru dituntut aktif dan kreatif saat merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam  kurikulum merdeka. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan hasil belajar menggunakan pendekatan tarl berbantuan media quizizz pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Penelitian  ini  merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN Jomblang 1 Semarang, sebanyak 28 siswa terdiri dari 9 siswa laki laki dan 19 siswa perempuan. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Teaching at The Right Level berbantuan dengan media Quizizz. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. hasil penelitian pada kegiatan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 diperoleh nilai 66, 78, dan 89. Pada pelaksanakan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 diperoleh presentase sebesar 53%, 61%, dan 89%. Mengingat ketetapan indikator keberhasilan hasil belajar siswa sebesar 80% telah mencapai nilai N >75. Berdasarkan hasil ini penelitian yang dilakukan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Gotong Royong menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level dengan berbantuan media Quizizz dikelas IV sekolah dasar dapat dinyatakan berhasil

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...