Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Media Belajar Gamifikasi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Valentinna, Caroline Rachel (Unknown)
Kurnianti, Endang M (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2024

Abstract

Gamifikasi adalah media pembelajaran yang mengintegrasikan elemen permainan seperti skor, poin, dan hadiah ke dalam konteks kelas untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mendorong mereka untuk meningkatkan motivasi belajr siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengunnaan media belajar gamifikasi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa sekolah dasar yang menurun. Metode yang digunakan adalah studi pustaka atau literature review yang bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis pengaruh media belajar berbasis gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa seklolah dasar berdasarkan penelitian yang relevan. Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan yang terjadi pada motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan media belajar gamifikasi dalam proses belajar mengajar. Karena pada dasarnya siswa sekolah dasar merupakan anak yang masih gemar bermain. Adapun media belajar gamifikasi yang lebih efektif dan signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah media belajar berupa Quizizz. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media belajar gamifikasi dapat menjadi solusi dalam upaya peningkatan motivasi belajar anak siswa sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...