Pendidikan adalah hak fundamental bagi setiap individu, namun siswa dengan kebutuhan khusus seperti tuna daksa sering menghadapi tantangan dalam mengakses pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran sarana sekolah dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan bagi siswa tuna daksa di SMP 1 Al Islam Surakarta. Pendekatan kualitatif digunakan dengan wawancara dan observasi langsung untuk mengumpulkan data dari peserta didik, pihak guru, dan para staf sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sekolah memiliki fasilitas yang memadai seperti ramp dan toilet difabel, masih terdapat kekurangan terutama akses ke lantai atas. Sekolah terus berupaya meningkatkan fasilitas setiap tahun agar memberikan lingkungan belajar yang inklusif. Penelitian juga menemukan pentingnya kerjasama dengan organisasi terkait untuk mendukung pendidikan inklusif. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan sarana sekolah merupakan suatu langkah yang penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan bagi semua peserta didik, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus
Copyrights © 2024