Teknologi membawa kemudahan akses informasi, sering kali kurangnya perhatian terhadap nilai-nilai moral dan etika dalam penyampaian informasi menjadi permasalahan. Di sisi lain, nilai-nilai Islam menawarkan kerangka kerja yang kaya dalam membentuk karakter individu, termasuk dalam konteks pendidikan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan layanan informasi berbasis nilai-nilai Islam dalam memberikan kontribusi nyata terhadap kemandirian siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dalam metodenya. Alat pengumpulan data yang digunakan mencakup angket, wawancara, dokumentasi, observasi, serta uji coba instrumen seperti uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis data dilakukan dengan teknik uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan layanan informasi berbasis nilai-nilai Islam menggambarkan pengaruh yang positif terhadap pemahaman siswa tentang integritas, tanggung jawab, dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Islam mampu memberikan dukungan emosional dan motivasional kepada siswa, serta memacu mereka untuk mencari pengetahuan secara mandiri. penerapan layanan informasi, terutama yang berbasis nilai-nilai Islam, memiliki potensi besar dalam meningkatkan kemandirian siswa, memperdalam pemahaman moral, dan memperkuat pengembangan karakter dalam proses belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024