Penelitian ini dilatar belakangi oleh urgensi karakter empati pada peserta didik agar mampu bersosialisasi, merasakan dan memahami perasaan orang lain. Penelitian bertujuan untuk menumbuhkan empati, mengeksplor film animasi sebagai alat untuk pembelajaran, dan menganalisis pengaruh film Umbrella terhadap perkembangan empati peserta didik. Metode dalam penelitian menggunakan film animasi Umbrella sebagai media untuk menumbuhkan empati. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan subjek empati dan objek peserta didik kelas VA. Hasil dari penelitian menunjukkan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 3,52 pada penilaian kemampuan sikap empati peserta didik. Pada penilaian pengetahuan unsur intrinsik masuk pada kriteria sangat baik dengan perolehan skor 3,42. Hasil penilaian menunjukan peserta didik telah mengimplementasikan empati dan memahami unsur intrinsik film. Film Umbrella memberikan ransangan kepada peserta didik untuk merasakan dan memahami tokoh-tokoh yang ada pada cerita. Selain mendidik karakter penayangan film membantu pendidik dalam mengajarkan pembelajaran bahasa Indonesia materi unsur intrinsik. Melalui penayangan film animasi Umbrella mampu mengajarkan dan menumbuhkan empati kepada peserta didik di kelas VA
Copyrights © 2024