Siswa membutuhkan bahan ajar yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Disamping itu, karakter nilai kearifan lokal lingkungan sekitar juga penting untuk dibangun pada jati diri siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang mengintegrasikan kearifan lokal untuk mendukung pembelajaran mengenai keberagaman dan identitas untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. E-modul ini dirancang untuk membantu siswa belajar tentang keragaman, pluralisme, dan identitas dalam pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan e-modul ini sangat sesuai untuk digunakan, dengan skor kesesuaian 95,454%, kemudahan penggunaan 98,437%, dan efektivitas tinggi yang dibuktikan dengan skor rata-rata tes siswa 95,5. Dapat disimpulkan bahwa e-modul ini sangat efektif untuk pembelajaran tentang identitas dan keberagaman.
Copyrights © 2024