Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan di Kelas IV SD melalui E-Modul Berbasis Kearifan Lokal

Wijayanti, Ajeng (Unknown)
Yulianti, Yulianti (Unknown)
Sulistyowati, Prihatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Siswa membutuhkan bahan ajar yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Disamping itu, karakter nilai kearifan lokal lingkungan sekitar juga penting untuk dibangun pada jati diri siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang mengintegrasikan kearifan lokal untuk mendukung pembelajaran mengenai keberagaman dan identitas untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.  Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. E-modul ini dirancang untuk membantu siswa belajar tentang keragaman, pluralisme, dan identitas dalam pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan e-modul ini sangat sesuai untuk digunakan, dengan skor kesesuaian 95,454%, kemudahan penggunaan 98,437%, dan efektivitas tinggi yang dibuktikan dengan skor rata-rata tes siswa 95,5. Dapat disimpulkan bahwa e-modul ini sangat efektif untuk pembelajaran tentang identitas dan keberagaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...