Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD

Batu Bara, Comas (Unknown)
Yulianti, Yulianti (Unknown)
Sulistyowati, Prihatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Perkembangan teknologi selalu diiringi dengan kamajuan ilmu pengetahuan, baik dalam berkomunikasi maupun proses pembelajaran. Realitanya guru masih banyak yang kesulitan dalam memanfaatkan teknologi, Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Google sites, mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran Google sites, dan mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran Google sites. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE adapun tahapanya yaitu analisis, desain, pengembangan, impementasi, evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, respon guru, respon siswa serta lembar pre-test dan post-test. Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase 91,6% dengan kategori sangat layak, Ahli materi mendapatkan 89,7% dengan kategori sangat layak, dan ahli Bahasa mendapatkan 92,8% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian dari calon pengguna (guru) mendapatkan 95% dengan kategori sangat praktis. Respon siswa mendapatkan 94,5% dengan kategori sangat praktis. Hasil pre-test dan post-test mendapatkan presentase 80,8% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan paparan hasil penilaian tersebut, pengembangan media pembelajaran berbasis Google sites pada muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD layak, paktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Google Sites dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...