Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Analisis Penggunaan Model Pembelajaran dalam Mempelajari IPAS di Sekolah Dasar yang Berdiferensiasi

Dela, Syahria Ataya (Unknown)
Firdaus, Erina (Unknown)
Utami, Irma Inesia Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan dan efektivitas model pembelajaran yang berdiferensiasi dalam mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar Dengan berfokus pada metode pembelajaran yang telah umum digunakan, yaitu Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL), tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana model-model pembelajaran ini mendukung hasil pembelajaran siswa dan pencapaian tujuan pendidikan pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru-guru sekolah dasar. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui data wawancara yang telah dibuat dalam triangulasi data. Temuan menunjukkan bahwa Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) efektif dalam memfasilitasi keterlibatan siswa dan berpikir kritis, yang berkontribusi pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang berhasil dalam lingkungan pembelajaran yang berdiferensiasi. Selain itu, dengan adanya model pembelajarran yang berdiferensiasi, guru dan siswa mampu mencapai tujuannya dengan berdasarkan kepada kebutuhan individu dari setiap siswa di sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...