Latar belakang penelitian ini adalah kinerja buruk siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa kelas V SD Negeri Palebon 03 yang sedang belajar bahasa Indonesia dapat memperoleh manfaat dari metode problem based learning (PBL). Sebanyak 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan kelas lima mengikuti penelitian tindakan kelas (PTK) ini selama dua siklus. Metode interaktif untuk analisis data digunakan bersamaan dengan observasi, tes, dan pencatatan sebagai metode pengumpulan data. Persentase siswa yang tuntas belajar meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II setelah PBL dilaksanakan. Dari siklus I ke siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat dari 63 menjadi 87 poin. Peningkatan ini menunjukkan bahwa PBL berpotensi meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menemukan bahwa PBL dapat membantu siswa kelas lima SD Negeri Palebon 03 belajar bahasa Indonesia dengan lebih baik, baik dari segi kemampuan mereka untuk bekerja sama maupun dari segi apa yang sebenarnya mereka pelajari
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024