Membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Rendahnya kemampuan membaca sering ditemui di Sekolah Dasar, baik dikelas rendah maupun dikelas tinggi. Dengan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan TaRL dapat menjadi salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Tambakrejo 01 dan subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 1 yang berjumlah 27. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan TaRL memiliki dampak dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik kelas 1. Pendekatan TaRL ini membantu peserta didik  khususnya kelas 1 dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik. Dengan penerapan pendekatan TaRL ini dapat menjadikan peserta didik benar-benar belajar atau mempelajari materi sesuai dengan tingkat kemampuannya sehingga memudahkan peserta didik untuk meningkatkan  kemampuannya pada level yang lebih tinggi. Dengan hal tersebut menunjukkan bahwa, dengan menerapkan pendekatan TaRL dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024