Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal pada usaha Toko Online Sistmask yang mempengaruhi pemasaran masker wajah peel off dari gelatin, menentukan posisi usaha Toko Online Sistmask di dalam industri dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha Toko Online Sistmask. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di Toko Online Sistmask. Jumlah responden konsumen dan non konsumen sebanyak 90 orang dan responden ahli sebanyak 3 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, indepth interview dan wawancara dengan bantuan kuisioner. Analisis yang digunakan ada 4 yaitu, 1) analisis internal dan ekternal usaha untuk menemukan faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dimasukkan kedalam matriks IFE dan EFE; 2) matriks IE yang digunakan untuk menentukan posisi usaha; 3) analisis SWOT digunakan untuk menyusun alternatif strategi pemasaran usaha dan 4) analisis QSPM digunakan untuk menentukan prioritas strategi pemasaran. Hasil analisis IFE dan EFE usaha diperoleh produk terbuat dari bahan dasar organic (kekuatan mayor), tidak memiliki visi dan misi yang jelas (kelemahan utama), tren pemakaian masker wajah menggunakan bahan organik (peluang mayor) dan adanya razia sertifikat BPOM (ancaman utama). Penelitian ini menunjukkan bahwa posisi usaha Toko Online Sistmask berada pada sel V (pertahankan dan pelihara) dalam matriks IE dengan nilai IFE 2.89 dan nilai EFE 2.90 dengan strategi prioritas yaitu mengupayakan pengembangan produk secara berkala.
Copyrights © 2024