Penelitian ini bertujuan untukmengetahuipengaruh kemandirian belajardan self confidence siswa SMP terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari, SMP Negeri 9 Kendari dan MTs Negeri 1 Kendari. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes.Teknik analisis data dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa berada pada kategori kurang; (2) gambaran kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang; (3) gambaran kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang; (4) kemandirian belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP; (5) kepercayaan diri siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VIII; (6) Kemandirian belajar dan kepercayaan diri siswa secara bersama – sama bepengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP kelas VIII.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024