Usability atau kebergunaan merupakan atribut kualitas yang digunakan untuk menilai kualitas desain antar muka sebuah website. Untuk mengukur tingkat kebergunaan seringkali menggunakan 10 prinsip pada evaluasi heuristik yang dikembangkan oleh Nielsen. Kreatifitas menjadi bagian penting dalam pengembangan antar muka website yang menarik. Sehingga menjadi salah satu faktor yang mendukung tercapainya tingkat kebergunaan website. Dari semua faktor dan prinsip evaluasi heuristik, tidak satupun yang menyinggung faktor kreativitas. Perlunya memasukkan faktor Supporting of Creativity yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Supporting of Creativity tersebut terhadap tingkat kebergunaan website. Penelitian dilakukan dengan menjadikan 5 indikator pada Supporting of Creativity sebagai variabel independen dan 10 prinsip evaluasi heuristik sebagai variabel dependen. Dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan random sampling dengan media kuesioner yang disebarkan kepada pengguna. Data diuji menggunakan model hipotesis menggunakan IBM SPSS. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah kesimpulan dari pengaruh Supporting of Creativity terhadap setiap faktor pada evaluasi heuristik.
Copyrights © 2024