Journal of Agribusiness and Community Development Umus
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember

Manajemen Pemasaran Ubi Jalar Pada PT Galih Estetika Indonesia

Mega Putri, Indah (Unknown)
Nur Utami, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2024

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. PT Galih Estetika Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertanian yang memiliki usaha utama dalam memproduksi olahan ubi jalar. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen pemasaran (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling) yang dikombinasikan dengan bauran pemasaran usaha agribisnis pada olahan ubi jalar. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data yang meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian pada kegiatan Praktek Kerja Lapangan di PT Galih Estetika Indonesia menunjukkan bahwa manajemen pemasaran olahan ubi jalar melalui tahap merencanakan, mengimplementasikan dan mengawasi kombinasi dari bauran pemasaran. Bauran pemasaran ini mencakup produk, harga, distribusi, promosi, proses, sumber daya manusia, dan bukti fisik. Saluran distribusinya berfokus pada ekspor ke Jepang dan Korea dengan promosi yang dilakukan langsung kepada calon buyers dari Jepang dan Korea oleh bagian marketing. Proses manajemen tersebut dilakukan sudah mencapai optimasi pemasaran dengan baik sehingga jalannya kegiatan agribisinis ubi jalar di PT Galih Estetika Indonesia juga baik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AGRIVASI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Journal of Agribusiness and Comunity Development (AGRIVASI) UMUS adalah jurnal yang dikelola oleh program studi Agribisnis Universitas Muhadi Setiabudi yang mengkaji hasil penelitian agribisnis (pertanian secara luas) atau informasi lain yang bersifat inovatif, sosial ekonomi pertanian, sistem ...