Teknotan: Jurnal Industri Teknologi Pertanian
Vol 18, No 2 (2024): TEKNOTAN, Agustus 2024

Analisis Pengaruh Label Halal, Kemasan dan Social Media Engagement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Krim Mixue

Huzaifah, Abu Hanifah (Unknown)
Ginantaka, Aditia (Unknown)
Delfitriani, Delfitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Era digital yang semakin merajalela saat ini memberikan perubahan bagi kehidupan. Perubahan yang terjadi yaitu dalam segi pemasaran dan promosi yang dilakukan melalui social media, khususnya Instagram yang memiliki tingkat penggunaan tinggi di Indonesia. Terdapat banyak unggahan terkait antusiasme pada produk Mixue di social media. Hal yang mempengaruhi antusiasme publik adalah logo Mixue yaitu snow king yang terdapat pada kemasan. Banyak juga ditemukan perdebatan mengenai kehalalan produk Mixue di social media. Berkembangannya produk beverage menuntut perusahaan untuk memiliki strategi pemasaran yang baik, salah satu faktor yang berperan penting adalah kehalalan, kemasan dan social media engagement. Setiap hal yang berkaitan dengan suatu produk akan menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, kemasan dan social media engagement terhadap keputusan pembelian produk es krim Mixue serta menganalisis variabel yang paling dominan dalam keputusan pembelian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung > F tabel yaitu sebesar 31,859 > 2,70 dan masing-masing nilai t hitung dari setiap variabel > t tabel.  Label halal, kemasan dan social media engagement berpengaruh positif secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk es krim Mixue. Kemasan menjadi variabel bebas yang paling dominan dalam keputusan pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

teknotan

Publisher

Subject

Other

Description

Teknotan: Jurnal Industri Teknologi Pertanian, merupakan publikasi ilmiah kerjasama antara Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran (FTIP UNPAD) dengan Perhimpunan Teknik Pertanian (PERTETA) Cabang Bandung. Jurnal ini diterbitkan 2 kali setahun (1 Volume, 2 Nomor penerbitan) ...