Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi
Vol. 16 No. 1 (2024): KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi

Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Melalui Media Sosial dan Sustainability Report

Anisah, Nur (Unknown)
Ayu Silfia, Fadia (Unknown)
Dunna Ilma, Milla (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengungkapan sukarela tanggung jawab sosial perusahaan oleh perusahaan Indonesia di media sosial dan untuk membandingkannya dengan pengungkapan sustainability report. Penulis menggunakan perusahaan publik Indonesia yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI sebagai sampel. Selanjutnya, dengan menggunakan perangkat lunak NVIVO, penulis menganalisis secara kualitatif kegiatan CSR yang diungkapkan di media sosial perusahaan dan sustainability report dengan pendekatan interpretatif. Temuan – Temuan menunjukkan bahwa perusahaan Indonesia masih menunjukkan tahap awal pengungkapan CSR sukarela berbasis media sosial. Selanjutnya, isu tentang pelatihan, pendidikan dan pengembangan keterampilan mendominasi pengungkapan perusahaan. Akhirnya, perusahaan Indonesia mengungkapkan lebih sedikit informasi CSR di media sosial mereka daripada di sustainability report. Pengungkapan CSR berbasis media sosial di negara berkembang relatif kurang dipelajari. Dengan demikian, tulisan ini secara empiris menunjukkan topik dan intensitas pengungkapan CSR di media sosial dan perbandingan antara jenis pengungkapan CSR ini dengan pengungkapan CSR menggunakan media lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

krisna

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi is a journal research published by Accounting Department, Faculty of Economics, Warmadewa University. This Journal is a group of research including accounting and business development, such as financial accounting, management accounting, Auditing, tax, accounting ...