Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh firm size, ownership dan karakteristik CEO terhadap pengungkapan corporate social responsibility perusahaan dengan 199 sampel perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan model fixed effect dan menggunakan software E. Views v. 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total penjualan dan kepemilikan keluarga tidak berpengaruh negatif, jumlah tenaga kerja, kepemilikan asing, military connection tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility perusahaan. Sedangkan, total asset, kepemilikan publik, dan kepemilikan pemerintah berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility perusahaan. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini yaitu adanya faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan sepenuhnya, seperti perubahan regulasi atau kondisi pasar yang dapat mempengaruhi hasil penelitian sehingga, penelitian selanjutnya dapat melakukan studi kualitatif mendalam seperti studi kasus untuk menggali lebih dalam praktik CSR di perusahaan tertentu. Hal tersebut dapat membantu dalam memahami dinamika internal perusahaan dan faktor yang mempengaruhi keputusan CSR.
Copyrights © 2024