Window of Public Health Journal
Vol. 3 No. 4 (2022)

Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Anak Usia Pra-Sekolah Di TK Sumange Teallara

Fidia Amalia (Unknown)
Septiyanti (Unknown)
Rezky Aulia Yusuf (Unknown)
Arman (Unknown)
Sitti Patimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Perkembangan anak merupakan perubahan psikologis anak yang mempunyai hasil dari proses pematangan fungsi psikis dan fisik pada diri anak, dapat dilihat dari faktor lingkungan dan proses belajar anak dalam waktu tertentu menuju kedewasaan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Sumange Tealara Pattiro Bajo. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 anak yang diambil dengan menggunakan metode Total Sampling.  Hasil penelitian ini diketahui bahwa tidak ada variabel yang berhubungan dengan status gizi. Dimana nilai dari hubungan status gizi dengan Perkembangan motorik kasar adalah (p=0,633), hubungan status gizi dengan perkembangan motorik halus adalah (p=0,891), hubungan status gizi dengan personal sosial adalah (p=0,061) dan hubungan status gizi dengan perkembangan bahasa adalah (p=891). Saran penelian ini adalah diharapkan ibu anak dapat berkunjung secara rutin ke posyandu atau tenaga kesehatan untuk memeriksakan status gizi dan perkembangan anak dan tenaga pendidik berkolaborasi dengan tenaga Kesehatan untuk melakukan observasi terhadap status gizi dengan perkembangan pada anak secara intensive khususnya anak usia prasekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

woph

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Window of Public Health Journal merupakan jurnal kesehatan masyarakat yang mempublikasi karya ilmiah di bidang kesehatan masyarakat, yaitu penelitian di bidang epidemiologi, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, kesehatan reproduksi, gizi masyarakat, administrasi dan kebijakan kesehatan, manajemen ...