Saat membangun aplikasi berbasis mobile menggunakan Flutter, sebagian besar tersusun atas widget, yang merupakan kumpulan baris kode yang tersusun seperti pohon. Mengatur parent dari widget akan melakukan proses render ulang dari parent hingga child dari widget. Membangun aplikasi berbasis mobile dengan Flutter perlu menggunakan arsitektur yang tepat agar mudah beradaptasi atas perubahan yang terjadi. Saat melakukan perubahan, kemungkinan terjadi bug yang tidak disengaja selalu ada, efeknya menambah biaya risiko. Arsitektur yang tepat akan sangat mengurangi pengeluaran untuk melakukan pemeliharaan dan sangat mengurangi risiko kerusakan yang tidak disengaja. Oleh karenanya diperlukan Arsitektur yang tepat akan sangat mengurangi pengeluaran untuk melakukan pemeliharaan dan sangat mengurangi risiko kerusakan yang tidak disengaja. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Clean Architecture dan SOLID Principle dalam membangun aplikasi berbasis mobile dengan menggunakan framework Google Flutter. Metode dalam penelitian ini menggunakan Agile with Scrum dan menggunakan framework Google Flutter. Hasilnya akan berupa sebuah kerangka dan penerapan dari setiap layer Clean Architecture dengan menerapkan SOLID Principle.
Copyrights © 2023