Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan kinerja keuangan pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021 dengan menggunakan teknik analisis Du Pont System. Analisis Du Pont System bertujuan untuk memperlihatkan NPM, TATO, ROI dan EM yang saling berkaitan untuk menen-tukan kinerja ROE. Sampel penelitian ini adalah PT Kino Indonesia, Tbk; PT Martina Berto, Tbk; PT Mandom Indonesia, Tbk dan PT Unilever Indonesia, Tbk. Keempat perusahaan ini dipilih karena memiliki fokus produksi pada produk kosmetik. Hasil penelitian menunjukkan keempat perusahaan tersebut memiliki nilai NPM, TATO, ROI dan EM yang berfluktuasi cenderung menurun selama periode penelitian yang menyebabkan nilai ROE ikut menurun. Penurunan ini menggamÂbarkan kinerja keuangan perusahaan kurang baik dikarenakan perusahaan kurang mampu dalam mengefisienkan beban dan mengoptimalkan penggunaan aset yang dimiliki untuk dijadikan penjualan dan laba bersih. Hasil perbandingan kinerja menunjukkan bahwa PT Unilever Indonesia, Tbk memiliki kinerja yang paling baik, PT Kino Indonesia, Tbk dan PT Mandom Indonesia, Tbk memi-liki kinerja cukup baik serta PT Martina Berto, Tbk memiliki kinerja yang paling rendah di antara keempat perusahaan
Copyrights © 2024