Dunia pendidikan tidak jarang melahirkan insan berkualitas dan berprestasi, baik dengan dukungan kurikulum suatu lembaga maupun kemampuan individu, dalam mencapai hal itu tentu saja terdapat strategi yang mendorongnya, model oxford merupakan kerangka kerja yang komprehensif dalam melihat hal tersebut, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui varian strategi belajar bahasa arab pada mahasiswa berprestasi akademik prodi PBA UINSI samarinda dalam perspektif model oxford. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei, dengan instrumen pengumpulan data kuisioner dan dokumentasi. Populasi penelitian seluruh mahasiswa prodi PBA UINSI Samarinda angkatan 2016-2018 yang kemudian dilakukan purposive sampling dan didapati 19 responden mahasiswa berprestasi akademik, lalu dilakukan analisis deskriptive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berprestasi di prodi PBA UINSI Samarinda aktif menggunakan seluruh strategi dalam Model Oxford. Strategi kognitif dan kompensasi menjadi yang paling dominan dengan tingkat penggunaan 100%. Strategi metakognitif, afektif, dan sosial digunakan dengan tingkat penggunaan menengah (98,23%), sementara strategi memori efektif dengan tingkat penggunaan sekitar 96,05%. Variasi dalam penggunaan strategi mencerminkan preferensi belajar dan kompleksitas teknik. Penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman dan penerapan strategi belajar yang efektif dalam pendidikan.
Copyrights © 2023