AbstrakPada pelaksanaan pembelajaran maharah qiroah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNISMA, penyampaian materi diawali dengan dosen memberikan teks Bahasa Arab, yang kemudian dibaca dan diterjemah oleh satu atau dua mahasiswa, peranan dosen hanya sebagai fasilitator yang memberikan koreksi dan masukan ketika didapati kesalahan dalam aktifitas mahasiswa, penyampaian materi semacam ini disebut sebagai model klasik dalam pembelajaran maharah qiroah, penggunaan model pembelajaran semacam ini didapati kurang begitu signifikan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa, karena hanya berpusat pada satu atau dua mahasiswa saja, sedangkan mahasiswa yang lain merasa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. alur pembelajaran yang monoton juga kurang begitu menarik perhatian mahasiswa sehingga terkesan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran.Aplikasi quizizz merupakan salah satu aplikasi berbasis kuis yang menyediakan berbagai fitur menarik untuk bisa diaplikasikan dalam sebuah pembelajaran salah satunya adalah fitur presentasi. dengan berbagai keunggulannya dari aplikasi ini memungkinkan untuk diterapkan dalam pembelajaran maharah qiroah, salah satunya adalah untuk mengkonsep sebuah bahan ajar. Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi quizizz diharapkan mampu mengkonsep sebuah bahan ajar yang lebih komunikatif dan menarik. Dengan pengaplikasian fitur-fitur danĀ keunikan-keunikan yang terdapat di dalam aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan semangat mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian r n d yang dikembangkan oleh Borg and Gall, peneliti bermaksud mengembangkan sebuah bahan ajar maharah qiroah berbasis aplikasi quizizz yang akan digunakan dalam pembelajaran maharah qiroah di prodi Pendidikan Bahasa arab UNISMA.
Copyrights © 2024