Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - April

Pengaruh Penggunaan Shopee PayLater terhadap Manajemen Keuangan Mahasiswa/I Kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Aprilia, Lusia Putri (Unknown)
Alam, Yulius Verianto Mangku (Unknown)
Firdaus, Salsabila (Unknown)
Nastain, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Shopee PayLater merupakan salah satu layanan kredit yang disediakan oleh platform Shopee dimana dalam aksesnya pengguna mendapatkan opsi pembayaran yang lebih mudah dan dapat dilakukan dengan cara cicilan. Shopee PayLater menjadi salah satu faktor yang memengaruhi perilaku keuangan, pola pengeluaran, perubahan kebiasaan menabung, dan tingkat kesadaran finansial mahasiswa di lingkungan pendidikan tinggi. Melalui kuesioner online yang disebarkan melalui Goggle Form, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis dari pengaruh shoppe paylater terhadap manajemen keuangan pada mahasiswa/i kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Teori AIO (Activity, Interest, Opinion) untuk menganalisa penggunaan Shopee PayLater dan Teori TAM (Technology Acceptance Model) untuk menganalisa variable manajemen keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa/I kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta memiliki tingkat pengaruh yang sangat tinggi terhadap manajemen keuangan dari penggunaan Shopee Paylater.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkomdis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi sosial dan Media Sosial (JKOMDIS) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV. ITTC INDONESIA dan dikelola langsung oleh Webinar.Gratis dan Even.Gratis untuk berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap Ilmu Komunikasi, sosial dan budaya, baik dalam pengertian luas, ...