Shopee PayLater merupakan salah satu layanan kredit yang disediakan oleh platform Shopee dimana dalam aksesnya pengguna mendapatkan opsi pembayaran yang lebih mudah dan dapat dilakukan dengan cara cicilan. Shopee PayLater menjadi salah satu faktor yang memengaruhi perilaku keuangan, pola pengeluaran, perubahan kebiasaan menabung, dan tingkat kesadaran finansial mahasiswa di lingkungan pendidikan tinggi. Melalui kuesioner online yang disebarkan melalui Goggle Form, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis dari pengaruh shoppe paylater terhadap manajemen keuangan pada mahasiswa/i kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Teori AIO (Activity, Interest, Opinion) untuk menganalisa penggunaan Shopee PayLater dan Teori TAM (Technology Acceptance Model) untuk menganalisa variable manajemen keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa/I kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta memiliki tingkat pengaruh yang sangat tinggi terhadap manajemen keuangan dari penggunaan Shopee Paylater.
Copyrights © 2024