Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajemen Risiko Reputasi Pengelolaan Zakat pada BAZNAS Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risiko reputasi terjadi salah satunya karena salah sasaran. Salah sasaran ini meliputi pada pengelolaan, pegumpulan, pendistribusian, dan penyaluran zakat. Selanjutnya risiko reputasi juga disebabkan karena adanya publikasi negatif yang berhubungan dengan kegiatan atau persepsi negatif terhadap BAZNAS Kabupaten Langkat. Risiko reputasi biasanya terjadi ketika muzakki merasa kecewa kepada BAZNAS Kabupaten Langkat lalu melakukan protes, baik secara langsung maupun tidak langsung (lewat word-to-mouth dan media massa).Dalam menghadapi risiko tersebut persepsi publik sangatlah penting guna menentukan strategi dalam menghadapi risiko reputasi. BAZNAS Kabupaten Langkat akan membangun komunikasi secara terus-menerus dan periodik dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama guna menjaga kepercayaan. Jika reputasi rusak maka kepercayaan publik terhadap BAZNAS Kabupaten Langkat akan hilang. Sampaikan kondisi BAZNAS Kabupaten Langkat secara transparan dan akurat. Bentuk komunikasi bisa dilakukan melalui beberapa cara, yaitu pihak BAZNAS Kabupaten Langkat harus berjiwa besar untuk mengakui kesalahan yang terjadi, dan mengekspresikan empati akan kejadian tersebut.
Copyrights © 2024