Penilaian merupakan hal yang penting untuk tolak ukur keberhasilan seorang siswa, maka pengolahan data nilai nya juga menjadi hal yang penting dalam pengambilan sebuah keputusan dengan cepat dan tepat. Pengambil keputusan membutuhkan alternatif kriteria yang dapat digunakan dalam menentukan penilaian dalam pembelajaran matapelajaran IPA pada Kurikulum 2013 menggunakan metode fuzzy logic tsukomoto sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Kriteria penilaian disesuaikan diambil dariĀ 4 Kompetensi Inti yaitu KI-1 (Sikap Spriritual), KI-2 (Sikap Sosial), KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan). Sebagai salah satu metode dalam pengambilan keputusan fuzzy logic tsukomoto dapat memberikan rekomendasi hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam pengambilan keputusan penilaian pembelajaran siswa paa kurikulum 2013 menggunakan metode fuzzy logic. Hasil dari pengujian meperlihatkan bahwa metode fuzzy logic tsukomoto menghasilkan nilai 81,41 (Cukup) untuk output sikap dan 85,03 (Cukup Tuntas) untuk output prestasi.
Copyrights © 2023