Klik - Jurnal Ilmu Komputer
Vol. 4 No. 2 (2023): Klik - Jurnal Ilmu Komputer

Sistem Absensi Karyawan Menggunakan Self Potrait dan Geolocation Pada PT Sucofindo Palembang

Saputra, Tommy (Unknown)
Utari, Aspirani (Unknown)
Teisnajaya, Usep (Unknown)
Twenty Agustine, Grace (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2023

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan pada PT Sucofindo Palembang diperoleh masalah bahwa sistem absensi yang diterapkan saat ini masih menggunakan sistem manual, dimana proses absensi dilakukan dengan mencatat pada lembar kertas sehingga membutuhkan waktu yang lama dan boros penggunaan kertas. Rentan juga adanya manipulasi data atau terjadi data yang ganda, sehingga tidak mendapatkan hasil yang akurat. Tentunya hal tersebut membuat proses absensi menjadi kurang efektif. Salah satu dari solusi untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan membangun sebuah sistem yang terkomputerisasi untuk menggantikan metode manual dan membantu karyawan dalam proses absensi kehadiran di PT Sucofindo Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall secara terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Proses desain rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, dan rancangan database. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem absensi karyawan menggunakan self portrait dan geolocation berbasis web. Sistem ini dibuat agar karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah menggunakan handphone dengan self portrait dan Geolocation, yang mana input absensi ini hanya bisa dilakukan di area PT Sucofindo Palembang saja sehingga mengurangi tingkat kecurangan dalam input absensi, karena dapat diakses menggunakan ponsel yang karyawan miliki, dan membantu Admin dalam merekap data absensi di PT Sucofindo Palembang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

klik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Ilmu Komputer meliputi sub bidang : Aplikasi Ilmu Komputer, Grafika Komputer, Interaksi Komputer - Manusia, Jaringan Komputer dan Komunikasi, Kecerdasan Buatan, Perangkat Keras dan Arsitektur, Sistem Informasi, Perangkat Lunak, Visi Komputer dan Pengenalan Pola, Teori Komputasi dan ...