Apotek merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang bertanggungjawab atas pemenuhan kebutuhan obat-obatan di masyarakat. Pasca pandemi covid-19 penurunan layanan dirasakan oleh seluruh apotek, sehingga banyak unit usaha apotek yang saat ini tidak hanya memberikan pelayanan di bidang obat-obatan. Beberapa apotek kini menyediakan perlengkapan kesehatan, produk kecantikan, dan praktik dokter spesialis. Salah satunya adalah apotek Sugih Waras yang berlokasi di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Namun masalah utama yang dihadapi oleh apotek Sugih Waras saat ini menitik beratkan pada penggunaan teknologi yang masih kurang untuk pengelolaan di berbagai lini aktivitasnya. Penelitian ini akan membahas tentang ruang kosong yang dapat dimanfaatkan oleh apotek Sugih Waras dan mengisinya dengan teknologi e-commerce untuk memperkuat posisi di pasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Alat yang digunakan yakni analisis SWOT dengan penilaian Internal Factor Analysis Strategic (IFAS) dan Eksternal Factor Analysis Strategic (EFAS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ruang yang paling tepat dalam penggunaan e-commerce adalah dalam kegiatan promosi dan pengelolaan manajemen apotek
Copyrights © 2024