Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan bimbingan agama dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar santri Broken Home di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana kondisi rasa percaya diri peserta didik, 2) Bagaimana motivasi peserta didik broken home, 3) Bagaimana Penerapan Bimbingan Agama Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Siswa Broken Home. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriftif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Penelitian ini dilakukan dari bulan Desember 2023 – Afril 2024 adapun objek dalam penelitian ini adalah santri Pondok Modern Al-Aqsha yang dikatagorikan santri Broken Home. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Rasa percaya diri dapat dipupuk di Pondok Modern Al-Aqsha dengan memupuk keberanian untuk bertanya kepada guru, berdiskusi, berdebat, berani tampil di depan umum untuk latihan pidato, dan aktif dalam segala kegiatan yang dilakukan oleh pesantren. 2) Motivasi belajar santri tersebutpun mampu bersaing dalam prestasi belajar, giat dalam menghapal, semangat dalam mengikuti kepramukaan, dan tidak mudah menyerah jika menemukan kesulitan dalam belajarnya. 3) Layanan yang digunakan dalam bimbingan agama islam dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa broken home adalah a) Kelas bina karakter, b) ceramah dan diskusi agama, c) bimbingan konseling individu atau bimbingan konsultasi, d) kegiatan amal sosial, e) halaqoh Al-Qur’an ibadah solat berjamaah tepat waktu, f) istighosah mingguan, g) Ziarah kubur di malam jum’at, h) hotmil qur’an, One day One Juz (ODOZ), i) kajian kitab kuning, j) seminar motivasi, k) muhadloroh, l) kepramukaan dan wisata religi.
Copyrights © 2024