Jurnal Pendidikan
Vol 12 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan

Kelayakan Pengembangan Modul Mata Kuliah Profesi Kependidikan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kasus

Syahroni, Mashud (Unknown)
Suwidagdho, Dhanang (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui kelayakan pengembangan modul mata kuliah profesi kependidikan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus berdasarkan validasi ahli dan ujicoba terbatas modul. Sebagai mahasiswa calon guru memerlukan media belajar yang mampu menghadirkan teori dan contoh praktis guru profesional sesuai perkembangan terkini. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran berbasis kasus di adopsi dalam pengembangan modul agar dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Subjek uji kelayakan modul adalah dosen ahli materi dan dosen ahli media. Ujicoba modul oleh 15 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Tidar semester tiga tahun akademik 2023-2023. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan modul menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus berdasarkan validasi uji ahli materi memperoleh presentase rata-rata 95% dengan kategori sangat layak. Hasil uji validasi ahli media memperoleh presentase rata-rata 85% dengan kategori sangat layak. Hasil ujicoba pada mahasiswa memperoleh presentase rata rata 81.45% dikategorikan sangat layak. Dapat disimpulkan pengembangan modul mata kuliah profesi kependidikan materi karir guru menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kasus dikategorikan sangat layak dan dapat dilanjutkan tahap ujicoba lapangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...