Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi, kepemimpinan transformasional, Organizational Citizenship Behaviour (OCB) guru, dan kinerja guru di SMKN Rengel Tuban dan menganalisis Pengaruh Motivasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru Melalui Organizational Citizenship Behavior di SMKN Rengel Tuban. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Responden terdiri dari 79 guru SMKN Rengel Tuban, yang meliputi PNS, PPPK, dan honorer. Sensus atau sampling total adalah teknik pengambilan sampel. teknik pengumpulan data dengan Studi Literatur dan Daftar pertanyaan (questionaire). Teknik Analisis Data menggunakan PLS-SEM. Temuan utama penelitian ini mengindikasikan bahwa persepsi guru terhadap kinerja dan OCB mereka termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan motivasi dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dianggap sangat tinggi. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya pengaruh signifikan motivasi terhadap OCB guru serta kepemimpinan transformasional terhadap OCB guru. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan motivasi secara langsung terhadap kinerja guru, namun tidak ditemukan pengaruh langsung yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja guru. Selanjutnya, OCB guru terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan motivasi secara tidak langsung mempengaruhi kinerja guru melalui OCB. Begitu juga dengan kepemimpinan transformasional, yang secara tidak langsung mempengaruhi kinerja guru melalui OCB.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024