Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja di SMP N 1 Kasiman Bojonegoro. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP N 1 Kasiman Bojonegoro yang berjumlah 36 orang baik yang berstatus PNS maupun PPPK. Sampel sebanyak 36 orang menggunakan metode sensus sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi kuesioner dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Squarel (PLS) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja, kepuasan kerja, motivasi kerja, dan supervisi akademik berada pada kategori tinggi. Motivasi kerja dan supervisi akademik memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, namun hanya supervisi akademik yang berpengaruh signifikan langsung terhadap kinerja guru. Kepuasan kerja guru juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja, sedangkan pengaruh motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja tidak signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024