Pendakian merupakan kegiatan yang sangat popular di Indonesia, hal tersebut dikarenakan adanya daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat. Dengan suasana alam dan petualangan yang ditawarkan, menjadikan bidang tersebut kini kian diminati. Namun sayangnya hal tersebut tidak dibersamai dengan adanya faktor penunjang keselamatan. Banyak pendaki yang mengabaikan peraturan standar keselamatan dikarenakan kurangnya informasi yang dipahami. Adanya hal tersebut memotivasi untuk menciptakan solusi bagi permasalahan yang sedang dialami oleh para pendaki. Harapannya perancangan solusi ini dapat. meningkatkan pengalaman dan kesadaran pada pendaki. Penelitian ini mencakup pengumpulan dan evaluasi data melalui penerapan lima tahap metode design thinking, yakni empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil penerapan metode design thinking dalam perancangan antarmuka pengguna UI/UX berhasil meraih tujuan untuk meningkatkan kepuasan serta kemanfaatan pengguna. Dalam hal ini, dukungan dapat dilihat dari hasil penilaian kemudahan penggunaan yang mencapai skor akhir sebesar 81,83 pada skala penilaian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengujian mendapatkan hasil apresiasi kegunaan yang tinggi dari user interface aplikasi Panduan Pendaki sehingga dapat disarankan sebagai dasar untuk diimplementasikan ke dalam aplikasi.
Copyrights © 2024