Kebutuhan kosmetik di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi halal berakar pada populasi negara yang mayoritas beragama Islam dan komitmennya terhadap prinsip-prinsip Islam. Oleh karena itu, merek kosmetik halal hadir sebagai pilihan yang tepat karena terdiri dari bahan-bahan yang aman, bersertifikat, dan diakui kehalalannya. Tingginya permintaan serta kesadaran halal dari masyarakat akan produk kosmetik halal menjadi salah satu faktor yang mendesak untuk memiliki sertifikasi halal bagi sebuah merek. Sertifikasi ini tidak hanya memenuhi kebutuhan populasi Muslim lokal tetapi juga memposisikan Indonesia di pasar halal global. Pertumbuhan pasar Indonesia juga terus mendukung produk dalam negeri yang mencari peluang untuk memenuhi pasar domestik dan memberikan dampak yang signifikan di kancah internasional. Selain itu, terdapat tantangan yang dapat dihadapi oleh industri kosmetik halal mulai dari proses sertifikasi hingga edukasi konsumen dan akses pasar global. Metode kualitatif melalui studi literatur digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui urgensi sertifikasi halal pada merek-merek kosmetik di Indonesia untuk mendorong mereka menjadi merek kosmetik berstandar halal.
Copyrights © 2024