Abstrak: Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit X Bandar Lampung. Di Indonesia dan negara berkembang lainnya, kepuasan pasien yang rendah masih menjadi masalah. Data dari rumah sakit di salah satu negara ASEAN menunjukkan bahwa kepuasan pasien hanya sebesar 79%, sedangkan standar yang ditetapkan adalah > 85%. Di Rumah Sakit X Bandar Lampung, persentase kepuasan pasien rawat inap pada tahun 2017 hanya sebesar 75%, di bawah indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) rawat inap yang sebesar 90%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit X Bandar Lampung pada tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan rancangan penelitian ini adalah adalah penelitian cross sectional yang dilakukan dengan menggunakan instrument berupa kuesioner. Adapun responden penelitian ini sebanyak 124 responden dan analisis datanya menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prioritas utama atau faktor yang dianggap mempengaruhi kepuasan pelanggan, atributnya yang dianggap sangat penting, namun pihak rumah sakit belum melaksanakannya sesuai keinginan/harapan pelanggan, antara lain: terdapat nama nomor telepon (call centre) yang mudah di hubungi, waktu besuk rumah sakit tepat waktu, dan petugas rumah sakit tepat waktu saat layanan. U,lkntuk meningkatkan kepuasan pasien perlu dilakukan peningkatan terhadap kualitas pelayanan terutama dalam aspek yang masih kurang optimal.
Copyrights © 2023