Eksponen
Vol. 14 No. 2 (2024): Eksponen: Volume 14 Nomor 2 September 2024

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar

Fatmasari, One Ayu (Unknown)
Handayani , Aprilia Dwi (Unknown)
Yohanie, Dian Devita (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini muncul dari kesadaran akan pentingnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menangani soal cerita matematika. Fokus penelitian tertuju pada cara siswa memahami dan menyelesaikan masalah sebagai indikator utama kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun datar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan wawancara yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya oleh validator ahli. Indikator pemecahan masalah yang digunakan adalah teori Polya meliputi empat tahap yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu memecahkan masalah dengan baik dan benar sesuai langkah-langkah Polya, sementara subjek dengan kemampuan matematika sedang dan rendah tidak mampu melakukannya dengan baik dan benar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eksponen

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Eksponen (E-ISSN:2657-1552 and E-ISSN: 2085-966X) has been published since 2009 by the Department of Mathematics Education in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original ...