Perkembangan dunia perbankan di Indonesia sangat pesat dinamis dan modern, baik dari segi ragam produk perbankan serta kualitas pelayanan dan teknologi yang dimiliki. Pemasaran jasa merupakan kegiatan perusahaan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah. Loyalitas nasabah memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Hal tersebut dikarenakan oleh salah satu perilaku nasabah yang loyal yaitu merekomendasikan perusahaan yang bersangkutan kepada orang lain. Maka dari itu, nasabah yang loyal akan menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Kepuasan nasabah merupakan salah satu kunci untuk menciptakan loyalitas nasabah karena nasabah yang puas akan cenderung loyal. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah kredit konsumtif pada PT. Bank Nagari Cabang Pembantu RSUP M DJAMIL (2). Untuk mengetahui pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah kredit konsumtif pada PT. Bank Nagari Cabang Pembantu RSUP M DJAMIL (3). Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah kredit pada PT. Bank Nagari Cabang Pembantu RSUP M DJAMIL metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dimana penelitian ini menggunakan suatu gambaran dari hasil penelitian. Data diperoleh dari panduan wawancara dan kuesioner dengan skala penialian likearet yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk melihat pengaruh kyualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah digunakan uji analisis statistika dengan Uji t dan Uji F. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian responden berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan uji hipotesisi secara simultan (uji F) menunjukkan variable kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah kredit konsumtif pada PT. Bank Nagari Cabang Pembantu R4SUP M DJAMIL.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024