Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan sosial siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis desain quasi eksperimen dengan bentuk desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design with Posttest-Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Kebondalem Mojosari. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari yang berjumlah 40 orang. Untuk kelas VA yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen diberikan model Problem Based Learning, sedangkan kelas VB yang berjumlah 20 siswa merupakan kelas kontrol. Metode pengumpulan data melalui angket keterampilan sosial. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keterampilan sosial. Teknik analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda rata-rata (uji-t). Analisis data dibantu dengan SPSS yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Sosial siswa Kelas V SDN Kebondalem Mojosari. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Keterampian Sosial.
Copyrights © 2024