Studi Kasus Inovasi Ekonomi
Vol. 8 No. 01 (2024)

SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA BLIMBING WULUH

Vandian Nur, Achmad (Unknown)
Purwanto, Teguh (Unknown)
Ramadhani, Salsabila Ayu (Unknown)
Syahdiva, Vipin Elrima (Unknown)
Nugroho, Adi (Unknown)
Alfayyadh, Hilmi (Unknown)
Ali, M Ghufanil Muta (Unknown)
Nursepti, Tika (Unknown)
Sahriswati, Sahriswati (Unknown)
Handoyo, Aries (Unknown)
Wijaya, Nanda Arif (Unknown)
Hadana, Marisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Teknologi digital sangat akrab di era sekarang ini bahkan untuk segala usia. Pemanfaatan teknologi digital yang tepat dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi parea penggunanya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan pemasaran produk usaha yang dimiliki oleh UKM. Namun, minimnya pengetahuan dan pendidikan para pengusaha UKM mengakibatkan kurangnya optimal dalam pemanfaatan internet untuk mendukung usahanya. Salah satu pemanfaatan internet dalam manajemen bisnis adalah digital marketing, yaitu   media social untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas. Produk UKM yang dimiliki pelaku usaha di Desa Blimbing Wuluh merupakan produk jasa dan pemasarannya masih hanya dilakukan dengan cara penjualan langsung dengan menawarkan produk secara tatap muka. Sulit menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, pemberian pelatihan dan Pendidikan terkait penggunaan digital marketing dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam pemasaran produk yang dijualnya. Data yang telah penulis kumpulkan, dapat disimpulkan bahwa dengan memberikan pelatihan pemasaran digital terhadap masyarakat terutama para pelaku UMKM Desa Blimbing Wuluh diharapkan dapat memberi pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan volume penjualan dan juga meningkatkan keuntungan bagi pengusaha UMKM terutama di desa tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

skie

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis ...