Dunia perbankan di Indonesia berkembang pesat, terutama perbankan syariah yang kian tahun semakin bertambah. Pada perkembangannya tentunya hal ini tidak mudah, diperlukan strategi pemasaran yang harus kian menarik minat masyarakat, terutama di pedesaan yang cukup jauh dari jangkauan. Hal ini berdampak pada kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap perbankan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran produk perbankan syariah pada masyarakat Desa Ciasem Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk bank muamalat khusus nya untuk tabungan haji yang dipasarkan oleh bank muamalat sendiri pada pedesaan seperti desa Ciasem tengah yaitu dengan open table, meluncurkan mobil branch bank muamalat ke desa Ciasem Tengah, bekerjasama dengan beberapa KBIH daerah Ciasem, mengikuti event-event yang ada di Ciasem untuk memperkenalkan bank muamalat khusus nya pada tabungan haji, bekerjasama dengan beberapa pihak seperti KUA-KUA untuk ikut serta mengenalkan produk tabungan haji pada masyarakat desa Ciasem tengah, karena memang target pasar bank muamalat sendiri yang utama adalah haji, dengan tujuan agar membantu semakin banyak haji-haji khusus nya bagi generasi muda yang ingin berangkat haji.
Copyrights © 2024