Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI)
Vol. 3 No. 1 (2024): Maret

STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH PADA MASYARAKAT DESA CIASEM TENGAH

Leli Noviana, Putri (Unknown)
Damayanti Rusmana, Fenny (Unknown)
Juhadi, Juhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Dunia perbankan di Indonesia berkembang pesat, terutama perbankan syariah yang kian tahun semakin bertambah. Pada perkembangannya tentunya hal ini tidak mudah, diperlukan strategi pemasaran yang harus kian menarik minat masyarakat, terutama di pedesaan yang cukup jauh dari jangkauan. Hal ini berdampak pada kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap perbankan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran produk perbankan syariah pada masyarakat Desa Ciasem Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk bank muamalat khusus nya untuk tabungan haji yang dipasarkan oleh bank muamalat sendiri pada pedesaan seperti desa Ciasem tengah yaitu dengan open table, meluncurkan mobil branch bank muamalat ke desa Ciasem Tengah, bekerjasama dengan beberapa KBIH daerah Ciasem, mengikuti event-event yang ada di Ciasem untuk memperkenalkan bank muamalat khusus nya pada tabungan haji, bekerjasama dengan beberapa pihak seperti KUA-KUA untuk ikut serta mengenalkan produk tabungan haji pada masyarakat desa Ciasem tengah, karena memang target pasar bank muamalat sendiri yang utama adalah haji, dengan tujuan agar membantu semakin banyak haji-haji khusus nya bagi generasi muda yang ingin berangkat haji.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI) | e-ISSN: 2963-9050 is a peer-reviewed journal published twice a year on March and September by Sharia Banking Study Program, STEI Al-Amar, Subang, West Java, Indonesia. Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI) is published to support the development of ...