Peran dari guru pendidikan agama islam dan juga budi pekerti sangat penting untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam salat berjamaah. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah guna mencari tahu peran dari guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti guna melakukan peningkatan kedisiplinan salat berjamaah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Bogor menerapkan pendekatan kualitatif observative non statistikal. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) peran Guru PAI dan Budi Pekerti guna melakukan peningkatan kedisiplinan salat berjamaah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Bogor adalah sebagai motivator dan teladan bagi peserta didiknya. (2) Faktor Pendukung: (a) adanya peran Guru PAI dan budi pekerti, (b) sarana dan prasarana ibadah, dan (c) kebiasaan atau tradisi yang ada di sekolah. (3) Faktor Penghambat: (a) faktor internal peserta didik dan (b) kurangnya kesadaran peserta didik terhadap salat berjamaah (4) Solusi: (a) mengabsen dan memberikan nilai plus agar peserta didik tambah semangat dalam menunaikan salat berjama’ah dan (b) memberikan pemahaman
Copyrights © 2024