Di era digital, kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Guru dituntut untuk mengembangkan media pembelajaran secara kreatif dan inovatif, termasuk dalam memberikan evaluasi terhadap materi yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Batu. Metode penelitian ini merupakan kombinasi antara metode kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dan evaluasi melalui wordwall. Responden data penelitian adalah siswa kelas X MAN Kota Batu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dari hasil perhitungan angket terhadap 10 pertanyaan terkait keefektifan penggunaan aplikasi wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang diberikan peneliti kepada 60 siswa kelas X MAN Kota Batu, termasuk dalam kategori “sangat efektif”. Hal ini terlihat dari hasil yang menyatakan rata-rata skor kuesioner adalah 32,1 yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas X MAN Kota Batu. Setelah dilakukan pengujian data dan analisis hipotesis menggunakan uji statistik pair sample test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka hasil H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Wordwall sebagai media evaluasi efektif dalam pembelajaran bahasa Arab.
Copyrights © 2023