Tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi menempatkan pendidikan pada posisi penting untuk mempersiapkan generasi muda. Penelitian ini membahas tentang implementasi Kurikulum Mandiri berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020, dengan fokus pada Program Pemagangan. Kurikulum ini, sebagai evolusi dari Kurikulum 2013, mengatur persiapan sebelum pembelajaran, serta pelaksanaannya dengan pembedaan pembelajaran dan penilaian. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi peran universitas dan pemerintah dalam implementasi kebijakan ini. Hasilnya menyoroti pentingnya komunikasi dan kerja sama yang berkelanjutan di antara seluruh pemangku kepentingan, termasuk perguruan tinggi, mahasiswa, dosen, dan pemerintah. Sebagai bagian dari pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel dan fokus pada materi esensial serta pengembangan karakter dan kompetensi siswa diusulkan sebagai solusi yang dapat mendukung visi kurikulum mandiri. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai proses implementasi kebijakan pendidikan yang berorientasi pada pembelajaran aktif dan mandiri dalam konteks global yang dinamis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024