Indonesian Journal of Instruction
Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

Dampak Positif Model Pembelajaran Talking Stick dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Rusdiana, I Kadek Angga (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Kompetensi berbahasa yang baik harus dikuasi sejak dini, sehingga keluarga dan sekolah sangat berperan penting untuk membantu siswa agar dapat menguasi kompetensi berbahasa yang baik. Namun, pada kenyataannya kompetensi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kompetensi Bahasa Indonesia di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent post test only control group design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes isian yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan analisis bivariat uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skor kompetensi kelompok eksperimen bernilai statistik Mo>Md>M berkategori sangat baik. Skor kompetensi kelompok kontrol bernilai statistik Mo<Md<M berkategori cukup. Berdasarkan analisa deskriptif hasil post-test kelompok eksperimen memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil Independent t-test menunjukkan bahwa nilai siginifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) sehingga secara deskriptif dan statistika bivariat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick mampu mempengaruhi peningkatan kompetensi Bahasa Indonesia siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...