Indonesian Journal of Instruction
Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review Berbantuan Media Teks Cerita Rakyat Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Indriyani, Ni Luh Putu (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam memahami informasi dari suatu bacaan. Siswa juga kurang tertarik dalam membaca dan memperhatikan temannya ketika membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD berjumlah 99 dari 3 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dan dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 4.69 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 64 memperoleh ttabel = 1.998 sehingga thitung = 4.69 > ttabel = 1.998, dengan demikian H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat terhadap hasil keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD. Implikasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat dapat memudahkan siswa untuk mengingat kembali informasi-informasi kunci suatu bacaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...