Indonesian Journal of Instruction
Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

Pembelajaran Berbasis TPACK Berbantuan Media Video Animasi Berpengaruh Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini

Dewi, Ida Ayu Nyoman Sintha (Unknown)
Tirtayani, Luh Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Melihat masih rendahnya penerapan pola hidup bersih dan sehat pada anak dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah. Hal ini disebabkan oleh pemilihan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan optimal sehingga anak merasa sulit memahami isi materi yang diberikan. Berdasarkan masalah tersebut maka diperlukan media pembelajaran seperti video animasi yang dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis TPACK berbantuan media video animasi terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar sebanyak 75 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelompok B1 sebanyak 19 anak.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non test mengggunakan ceklist observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata posttest pada kelompok eksperimen 89,78 sedangkan pada kelompok kontrol 66,55 dengan skor maksimal adalah 100. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 8,09 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 35 maka ttabel adalah 2,021. Berdasarkan analisis bahwa thitung > ttabel (8,09 > 2,021), maka artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis TPACK berbantuan media video animasi berpengaruh terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...