Indonesian Journal of Instruction
Vol. 5 No. 2 (2024): May 2024

Metode Modelling the Way Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswa

Fitrahyani, Rizka (Unknown)
Asari, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Prestasi belajar adalah suatu skor yang didapatkan peserta didik ketika sudah melalui proses pembelajaran dengan jangka waktu tertentu. Fakta di lapangan bahwa prestasi belajar peserta didik di MTs 2 PAB Sampali memanglah rendah hal itu disebabkan metode yang guru Fikih terapkan masih monoton. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan informasi mengenai dampak metode Modelling the Way dalam mata pelajaran Fikih terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs PAB 2 Sampali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ialah penelitian kuantitatif yaitu eksperimen semu atau quasi experimental dan desain penelitiannya ialah pretest-posttest control group design. Adapun dalam menentukan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu 60 siswa {siswa dari kelas VII-2 (eksperimen) dan siswa dari kelas VII-3 (kontrol)}. Teknik analisis data pada penelitian ialah dengan analisis statistik inferensial. Analisis tersebut dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T (T-test). Hasil analisis data dengan menggunakan uji T (T-test) didapatkan hasil t hitung > t tabel (2,118 > 2,001) dan juga menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,038 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar fikih siswa yang diajar menggunakan metode Modelling the Way dengan yang diajar menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, hasil penelitian ialah terdapat dampak metode Modelling the Way dalam mata pelajaran Fikih terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs PAB 2 Sampali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...