Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya bahan ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran menjadi lebih kreatif, menarik, memuat masalah kontekstual, serta sesuai dengan kemajuan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul Matematika berbantuan augmented reality yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat pada penelitian ini ialah ahli materi dan ahli media. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penilaian berupa angket validasi dan kepraktisan, serta menentukan indikator dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Gregory, teknik analisis perhitungan rata-rata, dan teknik analisis data ternormalisasi. Uji efektivitas pada penelitan dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pre test post test design. Hasil penelitian menunjukkan e-modul Matematika berbantuan AR dengan inovasi fitur video, audio, kuis interaktif, game dan konten AR dinyatakan sangat valid dari segi materi dan media. Produk yang dihasilkan juga berada pada kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa, e-modul Matematika berbantuan AR efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan kualitas siswa melalui kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki.
Copyrights © 2024