Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial
Vol 8, No 1 (2024)

Representasi Kecantikan Wanita dalam Iklan Video Wardah Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan

Wijayani, Qoniah Nur (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Iklan merupakan salah satu media massa yang menarik dan banyak disukai banyak orang. Apalagi di dalam iklan tersebut terdapat suatu makna positif yang membuat seseorang untuk bisa menjadi lebih baik. Iklan Wardah selalu memiliki konsep iklan yang menarik untuk ditonton. Salah satunya adalah iklan dengan tema Brave Beauties. Pada tema iklan tersebut menarik untuk dikaji secara dalam agar bisa ditemukan representasi dari makna kecantikan wanita yang dikemas oleh Wardah pada video iklannya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kecantikan wanita dalam iklan Wardah tema Brave Beauties #BergerakHidukanHarapan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori representasi dari Struart Hall. Metode penelelitian ini merupakan metodologi kualitatif dengan pendekatan semiotika dari Charles Sanders Pierce. Ditemukan bahwa representasi kecantikan wanita dalam iklan Wardah tema Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan adalah wanita yang memiliki kecantikan luar dan juga dalam. Kecantikan luar berarti wanita harus tetap menjaga penampilannya. Adapun kecantikan dari dalam adalah dengan menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat untuk mau berjuang, tidak mudah menyerah, memanfaatkan waktu yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya, selalu bersyukur, dan mau berbagi dengan sesama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKOLOGI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Komunikologi : Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial merupakan jurnal di bawah pengelolaan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera ...